Jumat, 03 Oktober 2014

Pengamatan Jenis Tanah

        Tanah merupakan salah satu materi abiotik, ada berbagai macam tanah di alam sekitar ini, dan setelah mengamati beberapa tanah di sekitar lingkungan rumah, saya menemukan tanah mediteran. Tanah ini saya amati dan menghasilkan pengamatan sebagai berikut:

Ciri-ciri tanah
Tanah yang dibuat untuk pengamatan adalah tanah Mediteran  atau tanah kapur merah. Tanah ini adalah tanah hasil pembentukan batu kapur keras dan betuan sedimen.Ini adalah ciri-ciri tanah yang dipakai untuk pengamatan (tanah mediteran):
Tanahnya berwarna cokelat dan
kurang subur

Pengamatan
Saya menanam tumbuhan lidah buaya di tanah mediteran atau tanah kapur merah. Setelah beberapa hari,ternyata tumbuhan lidah buaya dapat tumbuh di tanah mediteran. Tumbuhan lidah buaya tumbuh karena terdapat faktor yang mengenai tumbuhan lidah buaya. Faktor itu adalah sinar matahari, dan air.Air yang saya berikan tidak terlalu banyak. Meskipun begitu tumbuhan lidah buaya tetap hidup. Jadi tanah mediteran cocok untuk tanaman lidah buaya.

Hasil-hasil pengamatan
Dari pengamatan di atas, kita dapat mendapatkan data bahwa tumbuhan lidah buaya dapat hidup di tanah mediteran. Itu berarti tanah mediteran cocok untuk tumbuhan lidah buaya.
Kesimpulan
Tumbuhan lidah buaya dapat tumbuh di tanah mediteran yang kurang subur. Meskipun air yang di berikan untuk lidah buaya tidak terlalu banyak, lidah buaya akan tetap tumbuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar