Jumat, 03 Oktober 2014

Dialog Interaktif

Tema dialog : Media Tanam Hidroponik dari barang bekas
Disiarkan oleh TV : Net TV
Acara : Net 10
Jam Penayangan : pukul 10.00 WIB
Pembawa Acara : Andrian dan Marissa Anita
Narasumber : Dosen Agroteknologi Poltek Banjarnegara yaitu Bapak Sapto Wibowo

Kata-Kata Kunci

1.  Banjir
2.  Sampah
3.  Barang Bekas
4.  Sistem Hidroponik
5.  Sekam

Kalimat-Kalimat Penting

1.  Banjir terjadi karena banyak orang yang membuang sampah sembarangan
2.  Sampah banyak di buang disungai, pinggir jalan, tengah jalan,dan lain-lain
3.  Barang bekas yang dimaanfaatkan sebagai media untuk menanam berbagai macam sayuran di lahan yang sempit.
4.  Sistem Hidroponik dapat meningkatkan hasil panen, dan juga menghemat biaya, selain itu Sistem Hidroponik ini juga dapat mendatangkan keuntungan.
5.  Dalam Sistem Hidroponik tanah digantikan dengan sekam atau kerikil.

Kesimpulan Isi Dialog

Di musim hujan banyak terjadi banjir dimana-mana. Salah satu penyebabnya adalah sampah dan barang-barang bekas yang dibuang sembarangan. Banyak orang membuang sampah dan barang-barang bekas tak terpakai di sungai, pinggir jalan, dan lain-lain. Karena pembuangan sampah sembarangan itulah penyebab banjir terjadi.
Akibat dari banjir, banyak orang yang berkomplen tentang banjir. Tetapi banyak juga orang yang memanfaatkan barang-barang bekas agar tidak terbuang sia-sia. Salah satu pemanfaatan barang bekas adalah menjadikan barang bekas sebagai media tanam sayur dan buah-buahan.
Penanaman dengan cara ini berkaitan dengan Sistem Hidroponik. Sistem ini dapat menggunakan barang-barang bekas seperti pipa dan botol air mineral bekas. Selain itu media tanam hidroponik ini tidak menggunakan tanah, tetapi menggunakan sekam atau kerikil. Dengan media ini kita dapat memanfaatkan lahan yang terbatas atau sempit untuk menanam sayur dan buah-buahan. Ada berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang dapat ditanam di media hidroponik ini, seperti kubis, seledri, dan cabe. Dengan menggunakan sistem hidroponik ini kita dapat meningkatkan hasil panen dan dapat menghemat biaya. Selain itu, sistem ini juga dapat mendatangkan keuntungan.

Mengoment Pendapat Narasumber

Pendapat

Pendapat Bapak Sapto Wibowo : Keuntungan dari sistem hidroponik ini adalah dapat memanfaatkan lahan yang terbatas atau sempit, dengan menggunakan sistem ini hasilnya pun lebih banyak, lebih bersih, dan lebih higienis.

Komentar

Komentar dari saya : Saya setuju dengan pendapat dari Bapak Sapto Wibowo, karena sistem hidroponik ini cukup mudah dan memiliki keuntungan yang besar. Sistem ini pun memang dapat dilakukan di lahan yang terbatas atau sempit. Karena pemanfaatan yang efektif dari barang bekas yang tidak terpakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar