Jumat, 03 Oktober 2014

Ceramah

       1. Pada bulan puasa ramadhan tahun ini hendaknya kita memperbaiki puasa kita menjadi lebih baik daripada tahun kemarin. Kita juga harus menjaga hawa nafsu kita saat berpuasa dan juga memperbanyak ibdah dan zakat karena sesungguhnya bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan juga bulan penuh pengampunan. Jika kita melakukan ibadah dan amal sholeh di bulan ramadhan Allah akan melipat gandakan pahala kita, maka dari itu lah kita harus rajin beribadah di
bulan ramadhan maupun di lain bulan ramdhan

2. Pada bulan ramadhan, hendaknya kita harus menahan hawa nafsu jangan sampai puasa kita batal sia-sia hanya karena kita tidak bisa mengnedalikan hawa nafsu kita. Di saat bulan ramadhan para setan di belenggu tetapi ada pun setan yg ada pada diri kita sehingga setan dapat menjerumeskan kita untuk membtalkan puasa. Kita harus bisa menolak godaan dari setan agar kita tidak terjerumus oleh setan. Jika kita tidak mau terjerumus oleh godaan setan maka kita harus selalu mengingat Allah dan memperbanyak ibadah kita.

        3. Puasa janganlah di jadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam beraktivitas. Justru dengan puasa kita harus lebih bersemangat, baik dalam beraktivitas maupun beribadah kepada Allah. Agar selalu semangat, hendaknya kita jangan bermalas-malasan, lebih baik waktu untuk bermalas-malasan itu kita gunakan untuk sholat sunnah, mendekatkan diri kepada Allah, membaca Al-Qur’an, atau bersedekah, agar puasa kita lebih bermanfaat dan mendapatkan ridho dan juga pahala dari Allah swt.

4. Ramadhan artinya kebakaran. Pada bulan ramadhan dosa-dosa kita di ampuni dan juga di kabulkannya segala do’a. menurut firman Allah, orang yang berpuasa jasadnya di haramkan terkena api neraka selama orang itu tidak berbuat maksiat lagi setelahnya. Surga itu merindukan orng-orang yang berpuasa. Selain itu, surga juga merindukan 3 golongan yaitu :
1. Orang yang membaca Al-Qur'an
2. Orang yang memelihara lisannya
3. Orang yang membri makan orang lapar
Oleh karena itu, hendaknya kita menajalankan puasa dengan semangat agar senantiasa mendapat berkah dari Allah swt.

5. Akhlak dapat diartikan norma/etika. Kita sebagai muslim menunjukkan akhlak kita kepada Allah, orang tua, orang lain, dan alam. Contoh akhlak kepada Allah antara lain :
- istighfar/bertaubat jika salah
- beribadah dengan baik dan benar
- tidak menyekutukan Allah
- menjalankan kewajiban , dan lain-lain.
Sebagai muslim yang baik,hendaknya kita menjaga akhlak kita apalagi di bulan Ramadhan.

6. Amalan di bulan Ramadhan di lipat gandakan 70 kali. Maka dari itu, kita harus bersyukur hidup menjadi umat Nabi Muhammad SAW. Terutama pada malam Lailtul Qadr. Setiap bacaan pada hari itu akan mendapat 10-100 pahala. Allah swt. memberi berkah bulan Ramadhan pada umat Nabi Muhammad Saw. agar dapat mengimbangi amal sholeh umat-umat nabi sebelumnya. Salah satu amalan yang dapat di kerjakan di bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Rokaat sholat tarawih tergantung dengan kemampuan masing-masing umat. Oleh karena itu, mari kita perbanyak amalan sholeh di bulan Ramadhan ini.

7. Kita harus bertawakkal kepada Allah swt. Karena segala urusan di dunia ini di kembalikan lagi kepada Allah swt. Tapi sebelum bertawakkal hendaknya kita berusaha terlebih dahulu. Setelah berusaha semampu kita, barulah kita bertawaqal. Setelah bertawakkal, hendaknya kita menerima takdir yang telah Allah tentukan untuk kita. Jika kita mendapatkan hasil yang baik, hendaknya kita bersyukur atas kemurahan-Nya, namun jika kita belum di beri hasil yang memuaskan, hendaknya kita tetap menerima dan tidak putus asa. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berputus asa. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu beriktiar dan bertawakkal kepada Allah swt.

8. Membiasakan Bersedekah
   Bersedekah merupaka perilaku terpuji yang patut dibiasakan.Bersedekah dapat membuat seseorang berbahagia karena dapat berbagi dengan sesamanya.Tidak hanya itu, bersedekah juga dapat mendatangkan pahala bagi pelakunya, asalkan bersedekah dengan ikhlas karena Allah bukan karena untuk pamer.Apalagi pada bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana segala amalan baik manusia di lipat gandakan pahalanya. Oleh karena itu, marilah kita membiasakan untuk saling berbagi dan menyedekahkan sebagian harta kita untuk orang yang lebih membutuhkan.

9. Menghindari Sifat Sombong
    Sifat sombong merupakan sifat tercela yang sangat di benci oleh Allah swt. Sombong tidak akan pernah membawa berkah kepada diri kita.Saat kita menyumbangkan sesuatu kepada orang lain, kita harus ingat siapa yang telah memberkahi kita dengan kelebihan tersebut, yaitu Allah swt. Tanpa ridho dan seizin dari Allah swt. kita tidak akan pernah mendapat kelebihan tersebut. Sombong juga akan membuat kita tidak bisa masuk ke surga. Tempat orang yang sombong adalah di dalam neraka. Na’udzu billahi mindzaliqh. Oleh karena itu, sebaiknya kita tetap rendah hati kepada siapapun agar kita senantiasa terhindar dari sifat sombong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar