Jumat, 03 Oktober 2014

Pengalaman Boden Powell Yang Mendasari Kepramukaan

Bapak Kepramukaan Dunia adalah Lord Boden Powell. Nama lengkapnya adalah Lord Robert Boden Powell of Gilwell. Boden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth, ayahnya bernama Powell seorang profesor geometri di Universitas Oxford.

      Pengalaman Boden Powell :

 1. Karena ditinggal ayahnya sejak kecil, dia mendapat pembinaan watak dari ibunya.
 2. Dari kakaknya mendapat latihan berlayar, berenang, berkemah, olahraga, dan lain-lain.
 3. Sifat Boden Powell yang cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolahraga,              mengarang, dan menggambar sehingga disukai teman-temannya.
 4. Pengalaman di India sebagai pembantu Lettnan pada Resimen 13 Cavalery yang berhasil                    mengikuti jejak kuda yang hilang di Puncak Gunung serta keberhasilan melatih panca indra               kepada Kimball O'hara.
5. Terkepung Bangsa Boer dikota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan.
6. Pengalaman mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika,dan mengambil kalung manik kayu milik raja         Dinirulu.

      Pengalaman Boden Powell itulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan pramuka. Dan pengalaman tersebut terdapat pada buku "A ids to Scouting", yang merupakan petunjuk bagi tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik. Willian Smith, seorang pemimpin Boys Brigade di Inggris meminta agar Boden Powell melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu. Tahun 1910 Boden Powell pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912, Boden Powell menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak.
     Beliau mendapat Titel Loard dari Raja George pada tahun 1929. Boden Powell, meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Keinya, Afrika. Awal tahun 1908 Boden Powell menulis pengalamannya yang ditulis pada buku dengan judul "Scouting For Boys", kemudian berdiri Organisasi Kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout. Tahun 1912 atas bantuan adik beliau yang bernama Agnes didirikan orgnisasi kepramukaan untuk wanita atau perempuan yang bernama Girl's Guide. Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia Siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku berjudul "The Jungle Book" yang dikarang oleh Rudyand Kiping sebagai pedoman kegiatannya.
      Tahun 1918 beliau membentuk "Rover Scout" bagi yang berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku berjudul "Rovering to Succes" (Mengembara menuju kebahagiaan)
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore di dunia yang pertama di Olympia Hall, London dengan mengundang 27 negara dan pada saat itu Boden Powell diangkat seagai Bapak Pandu Dunia ( Chef Scout of The World).
      Tahun 1914, beliau menulis petunjuk untuk khursus pembina pramuka dan baru terlaksana pada tahun 1919 dari sahabatnya yang bernama WF. De Bois Maclarren. Beliau mendapat sebidang tanah di Cing Ford, yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan pembinaan pramuka dengan nama Gilwell Park. Tahun 1958 Biro Kepramukaan Sedunia dipindahkan ke Ottawa,Kanada. Tanggal 1 mei 1968 Biro Kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva Swiss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar