Minggu, 07 Desember 2014

Contoh Dialog Interaktif Dengan Tema Kesehatan

Tugas Dialog Interaktif Bahasa Indonesia

Nama Anggota Kelompok :

Ainun Binti Saiful (04/IX G)
Ananta Aryabima (05/IX G)
Aprilia Nuril Susanti (06/IX G)


Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat

Selamat siang pemirsa, berjumpa lagi dengan saya Ainun Binti Saifiul dalam acara Dr. Oz Indonesia. Pada hari ini kita akan membahas tentang Rahasia Kesehatan Dibalik Gerakan Sholat. Saya sudah bersama dengan Ustadz Bima dan dr. April disini.

Ainun : Nah mengenai dengan kesehatan dibalik gerakan sholat, apa sebenarnya manfaat dari gerakan sholat tersebut mulai dari Takbiratul Ihram dan gerakan yang harus diperhatikan dalam Takbiratul Ihram itu apa ?
Ustadz Bima : Yang pertama lengan harus terbuka, telapak tangan harus sejajar dengan telinga dan disaat ini lengan terbuka lebar dan tangan berkeadaan lurus lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.
Ainun : Lalu apa manfaat dari gerakan tersebut dok ?
dr. April : Manfaat dari gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.
Ustadz Bima : Sedangkan gerakan kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas. Benarkah dok ?
dr. April : Benar sekali apa yang dikatakan oleh ustadz Bima
Ainun : Setelah Takbiratul Ihram adalah rukuk, apakah gerakan yang harus diperhatikan dari rukuk ini pak Ustadz ?
Ustadz Bima : membungkukkan badan, kaki diluruskan, dan jari kaki menghadap kiblat dan juga ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
Ainun : Apa manfaat gerakan rukuk tersebut bagi kesehatan dok ?
dr. April : Pada postur gerakan  ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah.
Ainun : Apakah jika kita melakukan rukuk itu dapat mencegah gangguan prostat ?
dr. April : Benar, rukuk memang dapat mencegah gangguan prostat.
Ainun : Gerakan selanjutnya adalah gerakan I'tidal, bagaimanakah gerakan tersebut pak ustadz ?
Ustadz Bima : Gerakannya hanya sederhana yaitu Bangun dari rukuk, tubuh kembali ditegakkan, lalu mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
Ainun : Sangat sederhana sekali ya, tapi manfaatnya pasti tidak sederhana. Apakah benar bahwa jika kita melakukan I'tidal pencernaan kita  menjadi lebih lancar.
dr. April : memang benar, karena organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian saat kita berdiri tegak kembali.
Ainun : Nah selanjutnya adalah sujud, sebenarnya gerakan apa yang harus kita perhatikan saat melakukan sujud pak ? Untuk Pak Ustadz silahkan berkomentar tentang gerakan sujud.
Usradz Bima : sujud itu seperti ini *sambil diperagakan*. Jadi kaki agak lebar, ujung jari kaki ditekuk ke dalam dan siku agak dilebarkan.
Ainun : Jadi ada beberapa bagian ya pak yang bersentuhan dengan lantai yaitu dahi kemudian tangan, lutut lalu sampai dengan telapak kaki. Lalu apa manfaat gerakan sujud ini dok ?
dr. April : Saat kita sujud aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini juga berpengaruh pada daya pikir seseorang. Sedangkan untuk wanita posisi rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
Ainun : Setelah sujud adalah duduk, duduk dalam sholat ini dibagi menjadi 2 kan pak ustadz ?
Ustadz Bima : Ya benar sekali, 2 macam itu adalah duduk  iftirosy dan tawarruk. Duduk iftirosy itu seperti ini *memperagakan* ujung jari kaki kanan ditekuk sedangkan duduk tawarruk seperti ini *memperagakan duduk tawarruk* kaki kiri di tindih sedangkan ujung jari kaki kanan ditekuk seperti gerakan duduk iftirosy tadi.
Ainun : Nah, gerakan duduk iftirosy dan tawarruk itu manfaatnya apa dok ?
dr. April : Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Sedangkan duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi.
Ainun : Saya dengar-dengar variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali.
dr.April : Itu memang benar sekali karena  gerak dan tekanan harmonis itulah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
Ainun : Gerakan Sholat terakhir yaitu salam, apakah ada gerakan yang khusus untuk melakukan gerakan tersebut pak ustadz ?
Ustadz Bima : Tidak ada, kita hanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal saja.
Ainun : Dan apa manfaat dari gerakan tersebut dok ?
dr. April : Manfaatnya dapat merelaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
Ainun : Banyak sekali ya dok manfaat kesehatan dibalik gerakan sholat ini, jadi untuk pemirsa di rumah dan di studio jangan pernah malas untuk beribadah karena dengan beribadah kita dapat mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa kita juga mendapat kesehatan dari gerakan-gerakan sholat tersebut.
Sekian perbincangan kita hari ini, semoga manfaat gerakan-gerakan sholat ini dapat kita rasakan setiap hari dan dapat membuat kita tetap sehat selalu. Saya ucapkan terima kasih untuk kedua narasumber kita yang luar biasa atas penjelasan manfaat gerakan sholat yang sangat bermanfaat. Untuk pemirsa saya ucapkan terima kasih telah menyaksikan Dr. OZ hari ini semoga perbincangan tadi bermanfaat untuk kita semua. Dan juga jangan lupa saksikan Dr. Oz Indonesia yang akan datang, selamat siang dan sampai jumpa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar